
Contoh soal latihan tematik kelas 2 sd tema 1
Ayo Asah Kemampuanmu! Contoh Soal Latihan Tematik Kelas 2 SD Tema 1: Diriku Sendiri
Pendahuluan
Halo Adik-adik kelas 2 SD! Belajar di sekolah memang menyenangkan, apalagi jika kita bisa terus berlatih untuk mengasah pemahaman. Tema 1 "Diriku Sendiri" merupakan tema yang sangat dekat dengan kehidupan kita sehari-hari. Melalui tema ini, kita belajar tentang tubuh kita, indra kita, kebiasaan baik, dan bagaimana kita berinteraksi dengan orang lain.

Untuk membantu kalian semakin mahir dalam memahami materi Tema 1, artikel ini akan menyajikan berbagai contoh soal latihan yang dirancang khusus untuk kelas 2 SD. Soal-soal ini mencakup berbagai aspek dari Tema 1, mulai dari identifikasi bagian tubuh, fungsi indra, hingga kebiasaan hidup sehat. Mari kita mulai petualangan belajar yang seru ini!
Bagian 1: Mengenal Tubuhku (Bahasa Indonesia & SBdP)
Tema "Diriku Sendiri" dimulai dengan mengenal bagian-bagian tubuh kita. Ini adalah dasar penting untuk memahami diri sendiri.
Soal 1 (Bahasa Indonesia – Menjodohkan)
Cocokkan nama bagian tubuh di kolom A dengan gambar yang sesuai di kolom B.
Kolom A
- Kepala
- Tangan
- Kaki
- Mata
- Mulut
Kolom B
(Gambarlah gambar sederhana bagian tubuh yang sesuai di samping setiap pilihan, contohnya: gambar kepala, gambar tangan, gambar kaki, gambar mata, gambar mulut)
Soal 2 (Bahasa Indonesia – Melengkapi Kalimat)
Isilah titik-titik di bawah ini dengan kata yang tepat!
a. Aku punya dua untuk melihat dunia. (mata/telinga)
b. Dengan , aku bisa makan dan berbicara. (mulut/hidung)
c. Aku menggunakan untuk menulis dan mengambil benda. (tangan/kaki)
d. Aku berjalan menggunakan . (tangan/kaki)
e. Aku mendengarkan musik dengan ____. (mata/telinga)
Soal 3 (SBdP – Menggambar dan Mewarnai)
Gambarlah bagian tubuh yang sering kamu gunakan untuk bermain bola! Beri nama bagian tubuh tersebut dan warnailah gambarmu agar terlihat lebih menarik.
Penjelasan Soal dan Keterampilan yang Diuji:
- Soal 1: Menguji kemampuan siswa dalam mengenali dan menyebutkan nama-nama bagian tubuh dasar. Keterampilan yang diuji adalah kemampuan identifikasi visual dan kosa kata.
- Soal 2: Menguji pemahaman siswa tentang fungsi dasar dari bagian-bagian tubuh. Keterampilan yang diuji adalah pemahaman bacaan sederhana dan kemampuan memilih jawaban yang tepat.
- Soal 3: Menguji kreativitas siswa dalam mengekspresikan pemahaman mereka tentang bagian tubuh yang digunakan untuk aktivitas tertentu. Keterampilan yang diuji adalah kemampuan menggambar, mewarnai, dan mengaitkan bagian tubuh dengan fungsi.
Bagian 2: Inderaku, Panca Indera (Bahasa Indonesia & IPA)
Setelah mengenal bagian tubuh, kita akan belajar tentang panca indera yang membantu kita merasakan dunia.
Soal 4 (Bahasa Indonesia – Menjawab Pertanyaan)
Jawablah pertanyaan berikut dengan jawaban yang singkat!
a. Indra apa yang kamu gunakan untuk mencium aroma bunga?
b. Indra apa yang kamu gunakan untuk merasakan manisnya gula?
c. Indra apa yang kamu gunakan untuk mendengar suara azan?
d. Indra apa yang kamu gunakan untuk melihat warna pelangi?
e. Indra apa yang kamu gunakan untuk merasakan tekstur kain halus?
Soal 5 (IPA – Menjodohkan Fungsi Indra)
Pasangkan alat indra di kolom A dengan fungsi utamanya di kolom B.
Kolom A
- Mata
- Telinga
- Hidung
- Lidah
- Kulit
Kolom B
a. Untuk mendengar
b. Untuk melihat
c. Untuk mencium
d. Untuk merasakan rasa
e. Untuk merasakan sentuhan
Soal 6 (IPA – Mengidentifikasi Aktivitas Berdasarkan Indra)
Tuliskan satu aktivitas yang bisa kamu lakukan menggunakan indra yang disebutkan!
a. Mata:
b. Telinga: ____
c. Hidung: ____
d. Lidah:
e. Kulit: _____
Penjelasan Soal dan Keterampilan yang Diuji:
- Soal 4: Menguji pemahaman siswa tentang organ indra dan fungsinya dalam mengidentifikasi sensasi tertentu. Keterampilan yang diuji adalah pemahaman bacaan dan pengetahuan faktual.
- Soal 5: Menguji kemampuan siswa dalam memasangkan alat indra dengan fungsi spesifiknya. Keterampilan yang diuji adalah pemahaman konsep dan kemampuan mencocokkan informasi.
- Soal 6: Menguji kemampuan siswa untuk mengaitkan fungsi indra dengan aktivitas nyata dalam kehidupan sehari-hari. Keterampilan yang diuji adalah kemampuan aplikasi pengetahuan dan kreativitas.
Bagian 3: Aku Anak Sehat (Bahasa Indonesia & PPKn)
Menjaga kesehatan tubuh adalah bagian penting dari "Diriku Sendiri". Kita perlu tahu cara hidup sehat.
Soal 7 (Bahasa Indonesia – Memilih Perilaku Hidup Sehat)
Lingkarilah perilaku yang merupakan kebiasaan hidup sehat!
a. Makan sayur dan buah
b. Sering begadang
c. Tidur yang cukup
d. Minum minuman bersoda setiap hari
e. Mencuci tangan sebelum makan
f. Bermain gadget sepanjang hari
g. Berolahraga secara teratur
h. Menggosok gigi sebelum tidur
Soal 8 (PPKn – Menentukan Alasan Pentingnya Hidup Sehat)
Mengapa penting untuk menjaga kesehatan tubuh kita? Berikan satu alasanmu!
>
Soal 9 (PPKn – Menyebutkan Kebiasaan Baik di Rumah)
Sebutkan dua kebiasaan baik yang biasa kamu lakukan di rumah untuk menjaga kesehatanmu!
- >
- >
Penjelasan Soal dan Keterampilan yang Diuji:
- Soal 7: Menguji kemampuan siswa dalam membedakan antara perilaku sehat dan tidak sehat. Keterampilan yang diuji adalah pemahaman konsep kesehatan dan kemampuan seleksi.
- Soal 8: Menguji pemahaman siswa tentang pentingnya kesehatan bagi diri sendiri. Keterampilan yang diuji adalah kemampuan berpikir kritis dan memberikan argumen sederhana.
- Soal 9: Menguji pemahaman siswa tentang penerapan kebiasaan baik di lingkungan keluarga. Keterampilan yang diuji adalah kemampuan mengaitkan konsep dengan pengalaman pribadi.
Bagian 4: Aku dan Teman Sebayaku (Bahasa Indonesia & PPKn)
Tema "Diriku Sendiri" juga mencakup bagaimana kita berinteraksi dengan teman sebaya.
Soal 10 (Bahasa Indonesia – Memilih Kata Sifat yang Tepat)
Pilihlah kata sifat yang paling tepat untuk menggambarkan dirimu saat bermain dengan teman!
a. Suka marah-marah
b. Suka berbagi
c. Suka sombong
d. Suka menolong
e. Suka bertengkar
Soal 11 (PPKn – Menentukan Sikap Baik terhadap Teman)
Jika temanmu menjatuhkan buku, apa yang sebaiknya kamu lakukan? Beri tanda centang (√) pada jawaban yang paling benar.
Tertawa melihatnya
Membiarkannya saja
Membantu memungut bukunya
Soal 12 (PPKn – Menyebutkan Cara Bermain dengan Baik)
Sebutkan dua cara agar kita bisa bermain dengan baik bersama teman-teman!
- >
- >
Penjelasan Soal dan Keterampilan yang Diuji:
- Soal 10: Menguji kemampuan siswa dalam mengidentifikasi kata sifat yang positif dan sesuai untuk interaksi sosial. Keterampilan yang diuji adalah pemahaman kosa kata dan konsep perilaku sosial.
- Soal 11: Menguji pemahaman siswa tentang empati dan perilaku menolong terhadap teman. Keterampilan yang diuji adalah kemampuan pengambilan keputusan berdasarkan nilai-nilai sosial.
- Soal 12: Menguji pemahaman siswa tentang prinsip-prinsip dasar bermain secara kooperatif dan harmonis. Keterampilan yang diuji adalah kemampuan mengidentifikasi aturan main yang baik.
Bagian 5: Soal Evaluasi Gabungan (Semua Mata Pelajaran)
Mari kita uji pemahamanmu secara keseluruhan dengan soal-soal gabungan ini.
Soal 13 (Bahasa Indonesia)
Bacalah cerita pendek berikut dengan saksama!
"Budi bangun pagi. Ia segera merapikan tempat tidurnya. Setelah itu, Budi mandi dan memakai seragam sekolah. Budi sarapan nasi goreng buatan Ibu. Sebelum berangkat, Budi mencium tangan Ayah dan Ibu. Di sekolah, Budi bertemu teman-temannya, Ani dan Doni. Mereka belajar bersama dengan senang."
Jawablah pertanyaan berikut berdasarkan cerita di atas!
a. Apa yang dilakukan Budi setelah bangun tidur?
b. Siapa yang membuatkan sarapan untuk Budi?
c. Kepada siapa Budi mencium tangan sebelum berangkat sekolah?
d. Siapa saja teman Budi yang disebutkan dalam cerita?
Soal 14 (IPA)
Udin memiliki bola berwarna merah. Ia bisa melihat warna merah bola itu dengan menggunakan . Saat ia meniup peluit, Udin bisa mendengarnya dengan menggunakan . Saat ia memegang bola itu, Udin bisa merasakan permukaannya yang halus dengan menggunakan ____.
Isilah titik-titik di atas dengan nama alat indra yang tepat!
Soal 15 (PPKn)
Setiap anak memiliki hak untuk bermain. Namun, dalam bermain kita juga memiliki kewajiban untuk tidak mengganggu teman lain. Sebutkan satu kewajibanmu saat bermain bersama teman!
>
Soal 16 (SBdP)
Jika kamu diminta menggambar anggota keluargamu, bagian tubuh apa saja yang perlu kamu perhatikan agar gambar terlihat mirip? Sebutkan tiga bagian tubuh utama yang penting untuk digambar!
- >
- >
- >
Penjelasan Soal dan Keterampilan yang Diuji:
- Soal 13: Menguji kemampuan pemahaman bacaan dan menemukan informasi spesifik dalam teks naratif sederhana. Keterampilan yang diuji adalah pemahaman bacaan dan literasi.
- Soal 14: Menguji pemahaman siswa tentang hubungan antara aktivitas sehari-hari dan alat indra yang digunakan. Keterampilan yang diuji adalah pemahaman IPA dasar dan kemampuan melengkapi kalimat.
- Soal 15: Menguji pemahaman siswa tentang konsep hak dan kewajiban dalam konteks sosial. Keterampilan yang diuji adalah pemahaman PPKn dasar dan kemampuan memberikan contoh.
- Soal 16: Menguji pemahaman siswa tentang elemen dasar dalam menggambar manusia, terutama dalam konteks keluarga. Keterampilan yang diuji adalah pemahaman SBdP dan kemampuan identifikasi elemen visual.
Penutup
Bagaimana Adik-adik, seru bukan berlatih soal-soal Tema 1 ini? Dengan terus berlatih, kalian akan semakin percaya diri dan siap menghadapi penilaian di sekolah. Ingatlah, belajar adalah sebuah proses yang menyenangkan. Teruslah bertanya, teruslah mencoba, dan jangan pernah takut untuk membuat kesalahan karena dari situlah kita belajar.
Semoga contoh soal latihan ini bermanfaat bagi kalian. Selamat belajar dan teruslah menjadi anak yang hebat!
>